Thursday, May 23, 2013

Kehilangan Jati Diri

Pernah gak sih kalian ngalamin perasaan gak puas sama diri sendiri? Trus waktu ngelihat orang lain bisa enjoy sama kehidupan mereka, kalian jadi pengen kayak orang itu? Trus jadinya, kalian bakalan ngikutin semua yang orang itu lakuin, mulai dari cara berpakaiannya, musik apa yang dia suka, game apa yang dia suka, perilakunya, bahkan sampai cara ngomongnya!

Kalau pernah, how lucky you are... Kenapa aku bilang kalian lucky? Soalnya kalau kalian udah pernah ngalamin masa itu, itu tandanya kalian bakalan bisa ngenalin diri kalian sendiri. Kenapa aku bisa begitu yakin? Karena aku pernah ngalamin itu, dan I know who I am now, not who am I!

Dulu aku pernah ngerasa gak bersyukur atas apa yang udah aku dapetin. Aku selalu nyoba buat ngebandingin aku sama temen-temenku. Ngelakuin segala hal buat ngerebut perhatian mereka. Aku jadi suka niru-niru temenku yang keliatan asik orangnya dan punya banyak temen. Meskipun aku ngerasa gak cocok sama kebiasaan dia, aku tetep "nyontoh" apa yang dia lakuin. 

Sampai akhirnya aku jadi capek sendiri. Aku ngerasa "ini bukan aku!". Aku gak tahu siapa aku ini, lagu apa sih yang aku suka, kepribadianku ini kayak gimana sih aslinya? Aku muak sama diriku yang gak bisa jadi dirinya sendiri. Aku pernah ngalamin itu semua.

Muncul sikap berontak ke diriku sendiri. Aku mulai ngebuka mataku. Aku mulai ngamatin keadaan di sekitarku. Keadaan yang nyata, bukan dunia mimpi yang coba aku ciptain dengan cara "njiplak" kepribadian orang lain. Sulit memang awalnya. Banyak temenku yang mulai gak suka sama perubahanku. Mereka nganggap aku bukan Diptia, tapi orang lain. Padahal sebenernya, inilah aku yang asli, bukan hasil copy paste.

Kondisi itu sulit banget. Aku harus kehilangan temen yang gak bisa nerima perubahanku. Sampai-sampai, aku hampir aja gak bisa nerima diriku sendiri. hahahahaha.... Akhirnya aku sadar, mereka yang gak bisa nerima aku apa adanya bukan temen yang baik. Memang, dengan perubahan yang aku lakuin, aku kehilangan banyak temen. Tapi, aku juga masih punya, bahkan dapet temen-temen baru yang lebih jujur dan terbukan buat nerima aku. :-)

Akhir-akhir ini, aku ngerasa terganggu sama temenku yang sedikit demi sedikit dia mulai niru semua kebiasaan dan kesukaanku. Sikapnya jadi berubah childish kayak aku, cara ngomongnya udah hampir aku banget, bahkan, dia mulai ndengerin musik yang aku suka. Padahal sebelumnya dia gak kayak gitu! Dimataku, dia jadi aneh dan bikin aku males deket-deket dia.

Tapi makasih banget buat temenku yang satu ini, aku jadi pengen mbagi pengalamnku di tulisan ini. Karena dia, aku jadi ngerti betapa annoying-nya aku dulu waktu nyoba niru semua kebiasaan temenku. Hahahaha...  :-)

Sekarang, aku tahu siapa aku. Aku mulai nge-evaluasi diriku sendiri. Setiap kejadian yang aku alami, aku selalu nyoba buat nyari apa yang salah dalam diriku. Kalau udah nemu, aku bakalan nyoba buat memperbaiki itu. 

It's easier for me to be a better person if I know who I am.

0 comments:

Post a Comment